Mengenal Fungsi Besi Tulangan Beton dan Kelebihannya

Mengenal Fungsi Besi Tulangan Beton dan Kelebihannya

Share

Mengenal Fungsi Besi Tulangan Beton dan Kelebihannya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas fungsi, jenis, dan kelebihan tulangan beton. Yuk simak artikel kami.

Mengenal Besi Tulangan Beton dan Jenisnya

Tulangan beton merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam pembuatan sebuah konstruksi. Untuk bangunan besar, biasanya digunakan besi tulangan beton agar konstruksi lebih kuat dan juga kokoh.

Lantas, sebenarnya apakah tulangan besi beton itu? Apa sajakah hal yang membuatnya istimewa dibanding jenis tulangan lainnya? Untuk mengetahuinya, kamu dapat simak penjelasan berikut.

Mengenal Besi Tulangan Beton

Tulangan besi beton adalah jenis bahan material yang biasa digunakan sebagai penguat tarikan. Artinya, benda tersebut nantinya dapat menahan kekuatan gaya tarik yang diterima. Bahan beton dikenal punya kekuatan besar sehingga bisa menarik lebih kuat.

Bahan tulangan dari beton ini biasanya dipilih untuk proyek pembangunan gedung besar bertingkat. Hal itu karena kekuatan beton nantinya diharapkan dapat menahan gaya tarik yang semakin banyak seiring dengan berjalannya waktu pengerjaan.

Serta besi tulangan bisa dibilang merupakan komponen paling penting pada pembangunan gedung ataupun rumah bertingkat. Sebab apabila besi tulangan ini tidak diperhatikan dengan benar, bisa berakibat fatal.

Jenis Besi Tulangan Beton

Pada umumnya, terdapat cukup banyak jenis tulangan beton yang umum digunakan dalam kegiatan konstruksi bangunan. Variasi jenis tersebut tentunya agar bahan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa contoh tulangan yang perlu kamu ketahui.

  1. Beton Polos

Jenis pertama dari tulangan beton adalah tipe beton polos. Jenis ini mempunyai ciri permukaan halus serta licin. Sementara pada bentuk dari penampungannya punya bentuk bundar permukaan mulus.

Kamu dapat menjumpai jenis yang satu ini cukup mudah di pasaran. Bahkan, pada beberapa tempat juga ada yang menjual benda tersebut dengan cara ecer. Selain itu, jenis tulangan ini juga sangat mudah digunakan karena bersifat lentur.

Jenis beton ini juga tidak akan mudah saat dibengkokkan. Hal itu dapat terjadi karena ketahanan terhadap tekanan pada benda tersebut cukup baik, yakni minimal 240 MPa.

  1. Beton Ulir

Besi tulangan beton berikutnya adalah ulir. Beton ulir biasa dikenal juga dengan deformed bar. Ciri fisik dari benda ini adalah punya tonjolan beserta sirip. Tonjolan tersebut terdapat pada bagian permukaan yang membuat daya ikatnya tinggi.

Tidak seperti beton polos yang dapat dibeli secara ecer, jenis beton ulir ini hanya dijual dalam partai besar. Jadi, bagi kamu yang ingin mengecer beli dalam jumlah kecil, ada baiknya untuk menanyakan dulu pada pihak penjual.

Sementara dari sifatnya, beton ulir cenderung tidak terlalu lentur. Hal itu membuatnya sedikit susah saat ingin dibengkokkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Namun, jika hanya dibengkokkan sedikit saja masih terbilang aman.

Sifatnya yang kurang lentur tentu juga ikut memengaruhi dalam hal pemasangannya. Bahan yang sulit dibengkokkan membuat proses pemasangan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan jenis tulangan beton polos.

Kelebihan dari Besi Tulangan Beton

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan sedikit kelebihan dari bahan bangunan yang satu ini. Kelebihan tersebut tentunya membuat bahan tersebut banyak dipilih orang-orang dalam hal konstruksi bangunan.

Selain kekuatannya, terdapat beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh tulangan besi beton ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan umum yang dimiliki oleh bahan tulangan besi dari beton ini:

  • Membuat fondasi suatu bangunan lebih kuat sehingga dapat dibangun tegak seperti yang sudah dirancang oleh si pembangun.
  • Daya tahan dari beton terbilang sangat bagus. Hal tersebut membuatnya bisa bertahan pada berbagai kondisi ekstrem seperti suhu panas tinggi ataupun hujan badai. Berkat kemampuan tersebut, alat ini biasa digunakan pada bangunan tingkat.
  • Biaya pembangunan menjadi lebih hemat karena bahan ini punya tingkat keawetan yang baik.
  • Kekuatannya yang termasuk tingkatan tinggi membuat bangunan dari bahan ini cukup sulit untuk dihancurkan.

Fungsi Besi Tulangan Beton

Setelah cukup panjang lebar membahas kelebihan dari benda ini, selanjutnya akan dijelaskan juga tentang fungsinya di dalam konstruksi bangunan. Seperti disebutkan sebelumnya, bahan ini biasa digunakan saat membangun bangunan tingkat.

Selain itu, jenis bahan ini bisa juga digunakan sebagai alat untuk mengikat besi lainnya di konstruksi. Hal itu tentu bisa dilakukan karena kekuatan daya ikat dari tulangan ini sangat kuat sehingga mampu menahan tarikan berat.

Harga Pasaran Tulangan Beton

Dikenal punya kekuatan serta ketahanan tingkat tinggi, lantas berapakah harga jual dari bahan tersebut? Seperti halnya bahan bangunan lainnya, harga dari tulangan juga bermacam-macam. Semua itu tergantung ukuran dan jenisnya.

Serta yang mempengaruhi harga adalah tempat atau lokasi pembeliannya. Sebab beberapa daerah mungkin harganya bisa berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan, ketersediaan barangnya dan jauh dekatnya dengan transportasi di daerah tersebut.

Demikianlah tadi informasi cukup rinci mengenai besi tulangan beton. Semoga dengan adanya informasi seperti yang disampaikan di atas, kamu dapat mengenal bahan konstruksi bangunan tersebut dengan lebih baik lagi.

Terima kasih telah membaca artikel Mengenal Fungsi Besi Tulangan Beton dan Kelebihannya. Untuk Informasi Harga Besi Beton bisa hubungi marketing kami.

klik disini menghubungi kami telepon